TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG ANE,JANGAN LUPA LIKE FANS PAGES AND SHARE, SEMOGA BERMANFAAT

Pengertian jaringan komputer

Written By Unknown on Sabtu, 22 Agustus 2015 | 06.16

Pengertian jaringan komputer - Secara umum Jaringan Komputer merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut client dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server. Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Pengertian jaringan komputer
Selain itu jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi berbeda yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Jeni-jenis jaringan komputer :

Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis jaringan komputer beserta pengertianya berdasarkan klasifikasi jaringan komputer.

Berdasarkan geografisnya : 

  • Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer.
  • Metropolitan Area Network (MAN) merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer.
  • Wide Area Network (WAN) Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua.

Berdasarkan fungsi :

  • Client-server - Dimana client adalah perangkat yang menerima dan mejalankan layanan aplikasi dan server merupakan perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi dan keamanan datanya.
  • Peer-to-peer - Setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25 komputer, karena komunikasi akan berjalan lambat jika komputer terlalu banyak.

Berdasarkan topologi jaringan :

  • Topologi bus - merupakan topologi dimana semua perangakat keras terhubung melalui kabel tunggal yang kedua ujungnya tidak tertutup dan masing-masing ujungnya menggunakan sebuah perangkat terminator.
  • Topologi star - Pada topologi star terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data. Sedangkan perangkat lain terhubung dengan perangkat pengendali sehingga pengiriman data akan melalui perangkat pengendali.
  • Topologi ring - Merupakan topologi dimana setiap perangkat dihubungkan sehingga berbentuk lingkaran. Setiap informasi yang diperoleh akan diperiksa alamatnya oleh perangkat jika sesuai maka informasi akan diproses sedangkan jika tidak maka informasi diabaikan.
  • Topolog mesh - Biasanya digunakan pada jaringan yang tidak memiliki terlalu banyak node di dalamnya. Dikarenakan setiap perangkat dihubungkan dengan perangkat lainnya.
  • Topologi tree - Merupakan generalisasi dari topologi bus, media transmisi berupa kabel yang bercabang tanpa loop tertutup.Topologi tree selalu dimulai pada titik yang disebut headend. Satu atau beberapa kabel berasal dari headend.
  • Topologi linier - Merupakan perluasan dari dari topologi bus dimana kabel utama harus dihubungkan ke tiap titik komputer menggunakan T-connector. Topologi tipe ini merupakan jenis yang sederhana menggunakan kabel RG-58.

Berdasarkan distribusi sumber informasi/data  :

  • Jaringan terpusat - Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan server yang mana komputer client yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
  • Jaringan terdistribusi - Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan media transmisi data :

  • Jaringan kabel (Wired Network) - Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan nirkabel (Wi-Fi) - Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
Itulah beberapa jenis-jenis dan pengertian jaringan komputer, semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya, jangan lupa tinggalkan jejak kalian dibawah gaes 
 
Sumber : Dunia Komputer
Blog, Updated at: 06.16
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page

Page View