TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG ANE,JANGAN LUPA LIKE FANS PAGES AND SHARE, SEMOGA BERMANFAAT

Manfaat jaringan komputer

Written By Unknown on Sabtu, 22 Agustus 2015 | 06.17

Secara umum manfaat jaringan komputer  adalah untuk memudahkan komunikasi dan dapat mengakses informasi secara cepat dan real time. Pada dasarnya tujuan utama dibangunnya jaringan komputer adalah untuk berbagi, baik itu berbagi berupa data maupun berbagi perangkat.
Manfaat jaringan komputer
Selain itu jaringan komputer bisa juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan. Secara umum setidaknya ada 3 alasan dasar  pemanfaatan jaringan komputer  secara umum. yaitu :

Apa Manfaat Jaringan Komputer??

 

Berikut ini merupakan manfaat utama dari jaringan komputer :

 Media Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk untuk mengirim pesan maupun informasi yang penting lainnya. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pemimpin perusahaan tidak perlu mengirim surat kepada seluruh stafnya. Pemimpin perusahaan cukup mengirim undangan jaringan komputer yang ada.

Berbagi sumber daya

Resource sharing atau berbagi sumber daya, yaitu Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya  tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file,dan program-program.

Reliabilitas tinggi

High reliability atau Reliabilitas tinggi, artinya sistem Informasi Manajemen dan kemanan data terpadu dapat diterapkan karena setiap komputer client bisa dikendalikan dari satu tempat  melalui aplikasi Remote Acces client. Dengan demikian,apa bila salah satu komputer rusak dan data-data yang disimpan didalamnya hilang,kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain.

Menghemat uang

Saving Money atau menghemat uang, penghematan biaya pengeluaran untuk pembelian hardware bisa diperkecil karena peralatan feripheral bisa dipakai bersama. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

 Keamanan Data

Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan satu perangkat komputer ke perangkat yang lain untuk berbagi informasi umum maupun data penting dalam rangka koordinasi kegiatan perusahaan. Sementara itu, ada beberapa macam dari jaringan komputer yang umum digunakan saat ini. Untuk lebih jelasnya marilah kita simak ulasan berikut ini.

 Macam-Macam Jaringan Komputer

 

LAN (Local Area Network)

Jaringan ini memiliki lokasi jangkauan yang hanya 100 meter. Disebut juga jaringan yang khas dengan perusahaan, di mana di dalam perusahaan yang menggunakan jaringan LAN memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagi data rahasia.

MAN (Metropolitan Area Network)

Lebih besar jangkauannya daripada jaringan LAN, yakni maksimal 10 s.d. 50 kilometer. Biasanya, jaringan MAN digunakan oleh perusahaan yang memiliki beberapa cabang namun cabang tersebut masih di dalam satu kota.

WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN yakni jaringan komputer yang memiliki jangkauan antarbenua, dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.

Internet (Interconnected Network)

Internet yaitu jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga seluruh pelosok di dunia ini. Seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain sebagainya.

Wireless

Jaringan ini merupakan yang paling praktis karena tidak membutuhkan kabel. Di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio (frekuensi). Disebut juga jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wi-Fi.
Perlu diketahui sebuah jaringan komputer dibangun menggunakan suatu topologi jaringan. Namun tidak semua topologi jaringan sesuai untuk digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Hal itu dipengaruhi dari sumber daya yang akan digunakan untuk membangun jaringan komputer. Berikut ini merupakan beberapa contoh Topologi Jaringan komputer : 
  • Topologi Ring - Setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring atau cincin.
  • Topologi Bus - Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
  • Topologi Star - Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data.
  • Topologi Mesh - Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
  • Topologi Tree - Merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
  • Peer to Peer - Topologi peer to peer merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer untuk saling terhubung. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar komputer untuk proses pertukaran data.
  •  Topologi Linier - Topologi linier atau biasaya disebut topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama guna menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer.
  • Topologi Hybrid - Topologi hybrid merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda. Pada saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, disaat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.
Nah bagaimana, teman-teman sudah paham tentang manfaat jaringan komputer kan?? Saya rasa penjelasannya sudah cukup begitu jelas dan lengkap jika masih ada yang kurang jelas bisa teman-teman tanyakan di kolom komentar. Terima kasih..
 
Sumber : Dunia Komputer
Blog, Updated at: 06.17
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page

Page View