TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG ANE,JANGAN LUPA LIKE FANS PAGES AND SHARE, SEMOGA BERMANFAAT

Perbedaan hub dan switch

Written By Unknown on Sabtu, 22 Agustus 2015 | 06.11

Perbedaan hub dan switch - Hub merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga Hub hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung ataupun concentrator saja. Sedangkan Switch adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI Layer 2, Data Link Layer. Switch berfungsi sebagai penyambung atau concentrator dalam Jaringan komputer.
Perbedaan hub dan switch
Selain hub dan switch, tentunya masih ada beberapa perangkat jaringan komputer lain yang perlu teman-teman ketahui contohnya seperti, Router, Modem, NIC, Repeater, dan Bridge. Namun dipostingan ini saya hanya akan membahas lebih jauh tentang HUB dan Switch saja. Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub dibedakan menjadi 2 macam yakni:

  1. Hub pasif - Merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
  2. Hub Aktif - Merupakan hub yang berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.

Switch adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data. Biasanya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung. Switch yang beredar dipasaran terdiri dari dua jenis yaitu:

  1. Manageable switch - Switch yang bisa di atur untuk kebutuhan jaringan tertentu, ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakan antara switch manageable dengan switch non manageable. Perbedaan tersebut diantaranya Adanya pengaturan access user dengan access list pada Manageable switch.
  2. UnManageble Switch - Switch yang tidak dapat di managed, switch tersebut sudah siap pakai tinggal pasang dan switch sudah bisa digunakan tanpa perlu di seting. Harga switch Non Manageble lebih murah jika dibandingkan Manageable Switch Namun apabila terjadi masalah dengan jaringan kita, kita tidak akan bisa melakukan troubleshooting dengan mudah karena switch nya tidak bisa diapa-apakan.

Seperti kita ketahui Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu. Begitu juga dengan switch yang kerjanya sebagai penyambung atau concentrator dalam Jaringan komputer. Untuk mengetahui perbedaan antara HUB dan Switch secara mendetail silahkan teman-teman simak dibawah ini :

Perbedaan hub dan switch

Dari Sisi Sistem keamanan jaringan
Ketika data yang dikirim oleh hub sampai pada tujuan, pasti data tersebut dalam kedaan utuh. Namun, tidak dengan switch, data yang terkirim tersebut belum tentu utuh. Bukan karena switch tidak mampu mengirim secara utuh. Melainkan setiap paket data yang dikirim oleh switch pasti diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan setiap data yang terkirim bersifat aman. Jadi, untuk data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada komputer tujuan.
Kecepatan transfer data
Karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.
Kualitas
Walaupun cara kerja dari hub itu simpel, namun kinerja dari swicth lebih bagus dari hub. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan switch menggunakan sistem seleksi terhadap semua pernagkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya. yang diseleksi oleh switch berupa MAC Address dari komputer atau perangkat jaringan yang terhubung.
OSI Layer yang berbeda
Hub bekerja pada OSI layer 1, yaitu layer physical atau lapisan fisik. Tidak berbeda seperti kabel dan atau sinyal wifi, yang hanya menyalurkan data saja. Sedangkan switch bekerja pada lapisan kedua pada OSI Layer, yaitu Data Link.
Harga
Tentunya dari berbagai macam kelebihan dari switch yang sudah dijelaskan diatas. Maka tak heran apabila harga switch bisa lebih mahal dibandingkan dengan hub karna kualitas dan kehandalannya.
Demikianlah perbedaan antara Hub dan Switch, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya, terima kasih.
 
Sumber : Dunia Komputer
Blog, Updated at: 06.11
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page

Page View